Sinopsis Kyoukai No Kanata

Sinopsis Kyoukai No Kanata

Bagi yang menonton anime ini tentu sudah mengetahui dengan kalimat itu. Yup, itu adalah kalimat yang kerap diucapkan cii-ciri utama di anime ini, Mirai Kuriyama, yang artinyahow unpleasant.

Kyoukai no Kanata adalah anime dari Kyoto Animation dengan genre supernatural. Yang menjadi kunci di anime ini adalah keberadaan dua makhluk: Youmu dan Spirit Hunter.

Youmu atau Dreamshade dapat dianggap sebagai hantu yang timbul dari emosi negatif manusia. Mereka memiliki bermacam wujud dan kemampuan yang dapat membawa pengaruh terhadap manusia. Di pada para manusia, tersedia mereka yang memiliki kemampuan supernatural yang disebut Spirit Hunter atau Spirit World Warrior. Merekalah yang bertarung melawan para Youmu.

Awalnya, menurut aku Kyoukai no Kanata adalah anime yang simpel, hanya mengikuti character development dan transformasi dari Mirai Kuriyama yang terisolasi menjadi normal dikarenakan seorang Akihito. Sebagai pelengkap, ditambahlah unsur supernatural di anime ini. Karakter-karakter dengan bermacam kemampuan dan pertarungan-pertarungan melawan Youmu. Dengan mutu Kyoto Animation, tentu ini menjadi amat spektakuler.

Sejak menonton episode ke-10, aku baru mengetahui terkecuali Kyoukai no Kanata lebih kompleks dari yang aku kira. Ternyata terdapat rahasia besar yang sepanjang ini tersembunyi dari bermacam cii-ciri sejak di awal cerita. Siapa sangka pula akan tersedia kejutan scene yang memadai menyentuh di perjalanan menjelang akhir cerita ini?

Desain cii-ciri dari Kyoukai no Kanata tidaklah berlainan dengan anime-anime Kyoto Animation sebelumnya. Cara menggambar matanya ya begitu. Model-model wajahnya ya begitu. Mirai Kuriyama, cii-ciri berkacamata merah ini merupakan daya tarik dalam anime ini. Menurut saya, barangkali Mirai adalah cii-ciri berkacamata paling baik yang dulu aku tahu. Awalnya aku mengagumi cii-ciri ini. Namun, sejak kemunculan Sakura Inami, seluruhnya berubah. Saya lebih bahagia sosok Sakura yang keren, datar, misterius, dan pendiam.

Cerita ini berawal disaat seorang remaja SMA yang bernama Akihito Kanbara menyelamatkan seorang gadis berkacamata yang bernama Mirai Kuriyama disaat ia hendak melompat dari atas gedung sekolah. Akihito adalah seorang 1/2 manusia 1/2 Youmu yang membawa kemampuan immortal (tidak dapat mati). Mirai adalah seorang Spirit Hunter yang membawa kemampuan untuk mengendalikan darahnya sendiri.

Di klub sastra sekolahnya, Akihito membawa dua orang teman. Mereka adalah Mitsuki Nase dan kakaknya, Hiroomi Nase. Keluarga Nase merupakan keluarga Spirit Hunter yang membawa pengaruh besar terhadap perihal yang mengenai dengan Spirit Hunter. Entah mengapa Mitsuki memperingatkan Akihito unutk hindari Mirai. Meski begitu, Akihito senantiasa saja mendekatinya.

Mirai adalah seorang Spirit Hunter yang risau untuk membunuh Youmu. Ini disebabkan dikarenakan kemampuan darah dari klan Kuriyama dianggap terkutuk. Bahkan Mirai dulu membunuh seseorang di jaman lalu dengannya. Dengan itu seluruh Mirai mulai tidak dapat menjalani kehidupan normal dan mendambakan Akihito menjauhinya, tetapi Akihito tetap mendekatinya. Karena Akihito, Mirai pun perlahan beralih menjadi lebih baik. Baginya, Akihito membuatnya mulai menjadi orang normal.

Pada kelanjutannya Mirai join dengan klub sastra. Dia pun menjadi kawan Mitsuki dan Hiroomi juga. Namun, rupanya ketegangan mulai muncul. Ada seorang gadis bernama Sakura Inami yang mengejar-kejar Mirai untuk membunuhnya. Dia adalah adik dari Yui Inami yang dulu dibunuh Mirai di jaman lalu. Menurut Mirai, Sakura mendambakan membalaskan dendamnya kepada Mirai. Bahkan Sakura menjadi murid baru di kelas Mirai untuk mengejarnya. Apakah yang akan ditunaikan Mirai?

Sementara itu terlihat pula sosok misterius di keluarga Nase. Dia adalah Izumi Nase, Spirit Hunter yang merupakan kakak Mitsuki dan Hiroomi. Selain itu terlihat pula Miroku Fujima, seorang pria dari Spirit Hunter Association. Di episode awal-awal, baik Izumi maupun Miroku Fujima ini amat terselubung dan tidak diketahui baik dan buruknya. Namun, sepertinya mereka memiliki sesuatu yang disembunyikan. Semua itu barangkali mengenai dengan Akihito, Mirai, dan yang lainnya.

Puncak cerita anime ini di mulai di episode ke-8, disaat sebuah fenomena besar yang disebut Nagi (Lull / Calm) muncul. Nagi ini tetap menyebar di seluruh Kota Nagatsuki yang menurut Izumi merupakan menandakan akan sesuatu yang bernama Kyoukai no Kanata atau Beyond the Horizon. Selama berjalan Nagi para Youmu akan melemah. Intinya, sesuatu yang besar sedang menunggu Akihito, Mirai, dan yang lainnya di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *