Sejarah Anime Sejak 1907 hingga Mewabah ke Indonesia

Sejarah Anime Sejak 1907 hingga Mewabah ke Indonesia  РPara fans kartun Jepang atau anime mesti mengetahui peristiwa anime, merasa berasal dari awal perjalanannya sampai sampai mewabah ke Indonesia.

Beragam tontonan yang bisa dinikmati sampai kala ini, memiliki kisah panjang yang ternyata turut menambahkan kontribusi pada kemajuan industri perfilman Negeri Matahari Terbit tersebut.

Anime yang bermula berasal dari gambar gerak berkwalitas sederhana sampai jadi animasi grafis berkwalitas tinggi pasti tak semudah itu perkembangannya

Sejarah Anime

Kata anime tampil di dalam bentuk postingan di dalam tiga pembawaan Katakana yang merupakan bhs serapan berasal dari bhs Inggris ‘Animation’ dan diucapkan sebagai ‘anime-shon’.

Anime pertama kali dibikin pada th. 1907 bersama dengan durasi gambar bergerak selama tiga detik saja, yang menampilkan sosok anak laki-laki memegang dan mengangkat topi sebagai isyarat hormat.

Sepuluh th. setelahnya, pada th. 1917 muncul sebuah karya animasi bisu bersama dengan durasi lima menit oleh Oten Shimokawa melalui anime berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban nomor Maki.

Oten mengklaim meski berdurasi lima menit, tetapi sistem pengerjaan film anime ini memakan kala sampai enam bulan.

Oten bersama dengan Jun’ichi Kouchi dan Seitaro Kitayama, merupakan generasi animator Jepang pertama sehingga dijuluki sebagai Bapak Anime.

Kemudian th. 1927, Amerika Serikat datang bersama dengan film animasi bersuara, pun di th. yang sama Jepang laksanakan perihal serupa. Jepang menciptakan karya anime Noburo Ofuji, yang udah berkembang jadi film animasi singkat lengkap bersama dengan lagu dan suara.

Sejak kala itu, Jepang sungguh-sungguh di dalam mengembangkan karya anime dan terus berkembang sampai pada zaman Perang Dunia ke-II. Dua karya seperti Momotaro nomor Umiwashi (1943) beserta sekuelnya, Momotaro: Umi nomor Shinpei (1945) datang sebagai film anime propaganda berdasarkan hasil adaptasi cerita legenda terkenal Jepang.

Terus berkembang, kelanjutannya perjalanan anime mencapai pada kepopuleran yang luas, seperti anime Astro Boy karya Osamu Tezuka pada th. 1963. Bahkan, Astro Boy ini jadi anime Jepang pertama yang diterjemahkan ke bhs Inggris untuk ditayangkan di Amerika Serikat pada kala itu.

Astro Boy jadi gerbang besar terhubung anime Jepang semakin marak diproduksi dan semakin banyak yang mengetahui. Tak heran kecuali sampai sampai sekarang, anime dan manga merupakan dua produk andalan Jepang yang paling berpengaruh ke seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *