Cerita Kepopuleran Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT

Cerita Kepopuleran Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT

Cerita Kepopuleran Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT – Anime ini merupakan salah satu anime yang lumayan kondang di dunia. Kepopulerannya ini pun tidak kalah bersama dengan Naruto, One Piece, Bleach dll. Dragon Ball direalisasikan pertama kali di Weekly Shonen Jump dari tahun 1984 hingga 1995, yang mana semua ceritanya terdiri dari 519 chapter dan kemudian dibukukan (komik) jadi 42 seri/volume. Cerita asli Dragon Ball sesungguhnya ditulis dan digambar oleh Akira Toriyama yang mana termasuk telah menciptakan anime-anime lain yang tak jauh beda ciri khas gambarnya bersama dengan Dragon Ball. Akira mengangkat cerita Dragon Ball berdasarkan legenda kuno yang berasal dari Negara China yaitu Journey to the West.

Cerita Kepopuleran Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT

Dalam Journey to the West dikisahkan tentang seekor kera bernama Sun Gokong yang berpetualang bersama dengan gurunya Bhiksu Tong serta ke-2 saudara angkatnya, pergi ke barat untuk mengambil alih kitab suci. Namun, cerita dibikin agak berlainan di dalam versi Dragon Ball ini yang mana tokoh utama di dalam anime ini bernama Son Goku. Son Goku sesungguhnya seekor kera, tapi latar biologis kera yang dimilikinya adalah sebab dia merupakan keturunan bangsa Saiya. Bangsa Saiya adalah bangsa yang hidup di Planet Vegeta (Bejita), planet di luar angkasa yang berjarak terlalu jauh dari bumi. Meski secara kasat mata mereka semuanya mirip bersama dengan manusia, tapi mampu dikatakan bahwa bangsa ini hampir menyerupai alien sebab mereka memiliki ciri biologis yang sedikit berlainan bersama dengan manusia, yaitu memiliki ekor, fisik yang lebih kuat, rambut yang hanya sekali tumbuh saja dll. Berbeda bersama dengan cerita Sun Gokong yang merupakan seekor kera yang terlahir dari sebuah batu. Son Goku terlahir dari keluarga yang terdiri dari seorang bapak (Bardock), dan kakak laki-laki (Raditz).

Dalam petualangannya sejak dari kecil hingga dewasa, Goku menjalin persahabatan bersama dengan teman-teman barunya yang mana mereka akan jadi pendukung dan menopang Goku hingga akhir kisah Dragon Ball ini. Teman pertama yang ia temui adalah Bulma, seorang gadis berasal dari kota yang ia temui di dekat rumahnya. Begitu pula dia termasuk bertemu bersama dengan musuh-musuh yang unik dan kuat yang perlu ia hadapi.

Cerita Dragon Ball ini sendiri pun terdiri dari 3 sekuel, yaitu Dragon Ball, Dragon Ball Z, dan Dragon Ball GT. Dragon Ball (sekuel pertama) mengisahkan tentang petualangan Goku terhadap era kanak-kanak hingga remaja dewasa. Pada akhir cerita sekuel ini Goku menikah bersama dengan Chi Chi. Kemudian terhadap Dragon Ball Z bercerita tentang terkuaknya latar belakang Goku yang diceritakan oleh kakaknya (Raditz) bahwa ia adalah seorang keturunan bangsa Saiya, mekipun di dalam hati kecilnya dia menolak tentang kenyataan itu. Di sini dia termasuk mampu beralih wujud jadi manusia Super Saiya, yaitu pergantian legendaris yang hanya diwarisi Bangsa Saiya saja. Sedangkan Dragon Ball GT adalah sekuel terakhir dari seri Dragon Ball ini yang mana Goku mampu menggapai wujud Super Saiya yang baru yaitu Super Saiya 4.

Pada tahun 2009 toei merevisi Dragon Ball Z bersama dengan nama Dragon Ball Kai. Inti dari cerita Dragon Ball Kai sesungguhnya mirip persis bersama dengan Dragon Ball Z. Dalam Dragon Ball Kai perbedaannya hanyalah : efek nada yang lebih bagus, grafis yang diperhalus, bagian cerita banyak yang dipotong agar terkesan lebih singkat layaknya terhadap manga aslinya, dan theme song yang baru.

Yang lebih hebat lagi, cerita Dragon Ball ini banyak diadaptasi atau dijadikan inspirasi oleh para mangaka-mangaka Jepang lain di dalam pembuatan komiknya layaknya Masashi Kishimoto (Naruto), Eiichiro Oda (One Piece), Tite Kubo (Bleach), Makoto Raiku (Zatch Bell), Yoshio Sawai (Bobobo-bo Bo-bobo), dan Hiro Mashima (Rave Master, Fairy Tail). Kesekian anime berikut tidak cukup lebih memiliki tema yang mirip bersama dengan Dragon Ball, yaitu petualangan dan pertarungan. Istilah kebolehan energi yang ada di dalam Dragon Ball yang bernama KI pun termasuk dipakai oleh mereka, layaknya contoh di dalam Naruto (Chakra), One Piece (Haki) dll. Bisa dikatakan bahwa Dragon Ball adalah anime yang jadi pelopor atau inspirator bagi anime-anime Jepang berikutnya.

Plot Dragon Ball (Sekuel Pertama)
Cerita perdana Dragon Ball di mulai bersama dengan petualangan Son Goku yang nampak berdiri di atas sebuah kayu di sebuah desanya. Dia sedang coba melacak makanan di sungai terhadap selagi itu. Tak lama kemudian dia bertemu bersama dengan seorang gadis yang umurnya tak jauh berlainan darinya, yaitu Bulma. Pada selagi itu Bulma mampir ke daerah Goku sebab dia mengerti dari radar Dragon bahwa terkandung Bola Dragon Ball di kira-kira situ. Dari sini lah petualangan Goku dan Bulma melacak Dragon Ball dimulai. Konon, jikalau ketujuh Dragon Ball dikumpulkan jadi satu, maka akan nampak sang Dewa Naga (Shenlong) dan mampu mengabulkan semua permohonan yang diinginkan. Di sedang perjalanan bersama dengan Bulma dia bertemu bersama dengan Master Roshi, seorang kakek tua yang sakti tapi terkadang beranggap mesum. Mereka termasuk bertemu bersama dengan seorang bandit gurun bernama Yamcha, yang mana Yamcha ini akan jadi rival Goku terhadap awal cerita, tapi setelah itu beralih jadi rekan biasa.

Seiring petualangannya yang konsisten berlanjut, Goku telah menghimpun banyak teman. Bahkan dia membentuk satu tim bersama dengan Bulma, Yamcha, Puar, dan Oolong. Selanjutnya, mereka bertemu bersama dengan musuh pertama yaitu Pilaf. Dalam pertarungannya bersama dengan Pilaf ini lah Goku untuk pertama kalinya beralih ke di dalam wujud Kera Raksasa. Kemudian dia termasuk bertemu bersama dengan gadis kecil bernama Chi Chi yang mana kelak akan jadi istrinya (menikah terhadap akhir sekuel Dragon Ball). Goku termasuk bertemu bersama dengan seseorang yang nantinya diakui sebagai kawan baik baiknya, Krilin, seorang biksu shaolin yang umurnya tak jauh beda bersama dengan Goku. Goku dan Krilin sebagian selagi kemudian studi bela diri bersama-sama terhadap Master Roshi. Setelah itu musuh Goku yang mampu dikatakan paling besar adalah Tentara Red Ribbon sebab kuantitas mereka yang mampu dikatakan lumayan banyak. Mereka adalah sebuah organisasi yang bergerak terhadap bidang teknologi senjata dan berusaha merebut Dragon Ball untuk menggapai kejayaan mereka.

Di sedang perjalanan, Goku bertemu ulang bersama dengan musuh yang lumayan kuat, bernama Tien Shinhan bersama dengan partner kecilnya Chiaotzu. Dia bertemu dengannya di sebuah kejuaraan bela diri bernama World Martial Arts Tournament. Namun Tien yang mengerti bahwa dia dikhianati oleh gurunya, kelanjutannya jadi kawan baik Goku. Kemudian musuh Goku yang terakhir di dalam sekuel pertama ini adalah Piccolo Junior, sering dipanggil bersama dengan nama Piccolo. Goku mengalahkannya termasuk terhadap selagi di World Martial Arts Tournament. Pada kelanjutannya Piccolo termasuk jadi kawan baik Goku. Pertarungan berikut jadi pertarungan terakhir Goku melawan musuh terkuat di Dragon Ball. Di akhir cerita, Goku pun menikah bersama dengan Chi Chi.

Anime yang akan dibahas kali ini adalah Dragon Ball Z, sekuel ke-2 dari anime Dragon Ball yang telah dibahas terhadap posting sebelumnya. Dragon Ball Z yang menceritakan tentang latar belakang Son Goku sebagai orang Saiya ini sering disingkat bersama dengan DBZ. Dragon Ball Z pertama kali ditayangkan di Jepang terhadap tanggal 26 April 1989 dan berakhir terhadap tanggal 31 Januari 1996. Pada manga-nya sekuel ini di mulai dari volume 17 hingga 42. Untuk versi Jepang dan yang lainnya label volume 17 ke atas selalu dinamai Dragon Ball, tapi di Amerika Serikat diganti bersama dengan Dragon Ball Z. Pada part kali ini ceritanya lebih ditekankan tentang bangsa Saiya, lebih-lebih pergantian wujud Goku, Vegeta, Gohan, Trunks, Goten, dan Broly yang mampu beralih jadi Manusia Super Saiya. Selain itu musuh-musuh di dalam cerita ini termasuk terlalu jauh lebih kuat dan memiliki kebolehan yang unik dibanding sebelumnya.

Plot Dragon Ball Z (Sekuel Kedua)
Sebelum ke plot cerita, Dragon Ball Z memiliki 4 saga utama yaitu : Saiyan, Frieza, Cell, dan Buu Saga. Ke empat saga ini tetap memiliki masing-masing Sub-Saga.

1. Saiyan Saga

Son Goku yang telah dewasa baru saja menikah bersama dengan Chi Chi (pada cerita akhir sekuel pertama) dan memiliki anak pertama bernama Son Gohan. Goku mengambil alih nama berikut dari nama kakek angkatnya. Suatu hari Son Gohan sedang berjalan-jalan dan tersesat di hutan. Namun, tak lama kemudian dia ditemukan oleh Goku dan dibawa ke daerah Master Roshi bersama dengan menaiki awan Kinton. Di daerah Master Roshi, tiba-tiba nampak seorang laki-laki misterius yang menjelaskan bahwa dia adalah kakak Goku dan sesungguhnya Goku adalah keturunan asli bangsa Saiya. Tapi, Goku tidak percaya bersama dengan perihal berikut dan konsisten membantah. kehadiran laki-laki misterius yang bernama Raditz berikut sesungguhnya dambakan mengerti apakah misi Goku di dalam memusnahkan orang-orang bumi telah selesai. Raditz yang memandang adiknya justru memelihara bumi dari kejahatan pun kecewa besar sebab justru bertolak belakang bersama dengan tujuannya. Dia pun menculik Gohan dan dibawanya ke suatu tempat. Dalam pertarungannya melawan Raditz, Goku dibantu oleh Piccolo, yang terhadap kelanjutannya Raditz kalah dan tewas meskipun Goku termasuk perlu kehilangan nyawa sebab serangan Canon Beam darinya. Sebelum meninggal, Raditz menjelaskan bahwa ada 2 orang bangsa Saiya ulang yang akan mampir ke bumi tidak lama lagi. Mereka adalah Nappa dan Vegeta.

Pertarungan besar ke-2 Goku pun di mulai setelah dia berlatih di daerah King Kai dan dihidupkan ulang gunakan Dragon Ball. Sesampai di bumi dia segera hadapi Nappa yang telah membunuh teman-temannya. Terlihat hanya Gohan dan Krilin yang tetap tersisa. Goku pun bersama dengan ringan mengalahkan Nappa yang sesungguhnya energinya telah terkuras banyak. Setelah itu dia berhadapan bersama dengan lawan yang lebih kuat, yaitu Vegeta. Dalam pertarungan bersama dengan Vegeta ini nampaknya Goku agak susah sebab level kekuatannya hampir melebihi Goku. Namun, bersama dengan mengerahkan segenap kekuatannya Goku mampu unggul sedikit dari Vegeta. Sedangkan Vegeta yang selalu beranggap dirinya sebagai Pangeran Bangsa Saiya, jadi telah dipermalukan oleh Goku, dia melampiaskan perihal berikut bersama dengan langkah yang licik yaitu membuat sebuah bulan palsu bersama dengan begitu dia mampu merubah dirinya jadi seekor Kera Besar yang level kekuatannya jauh lebih besar. Pada kelanjutannya pertarungan pun seri, keduanya mampu dikatakan imbang. Meskipun Goku perlu sekarat akibat serangan yang bertubi-tubi dari Kera Besar Vegeta.

2. Frieza Saga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *