15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga – Popularitas anime dan manga terus meningkat di kalangan anak muda, menjadi tak heran sementara ini banyak arti tentang hal berikut bermunculan didalam percakapan.

Dalam lingkup pertemanan hingga percakapan di fasilitas sosial , berikut arti didalam anime dan manga yang tenar sebagai bahasa gaul .

1. WIBU

Penyebutan wibu atau weeaboo biasa digunakan pada orang non-Jepang yang terobsesi bersama dengan budaya Jepang melebihi budayanya sendiri, juga di dalamnya anime, manga, game, cosplay, sejarah, dan bahasa. Saking terobsesinya, kerap kali wibu dikonotasikan secara negatif, meski tidak sepenuhnya layaknya itu.

2. NOLEP

Nolep adalah plesetan dari bahasa Inggris “no life” yang mengacu pada seseorang yang seakan tidak memiliki kehidupan; antisosial dan asyik menyendiri.

Dalam konteks wibu nolep, biasanya kesehariannya hanya dihabiskan di didalam kamar bersama dengan membaca manga, menonton anime, bermain gim atau lebih-lebih hanya bermain medsos sambil rebahan.

3. NTR

NTR atau Netorare dikenal sebagai genre anime yang melibatkan cinta segitiga atau lebih. Istilah ini mengisahkan cinta dan kasih sayang seseorang yang dikhianati dan direbut orang lain.

4. HUSBU / HUSBANDO

Kata husbundoberarti ‘suami’ yang diambil dari bahasa Inggris ‘husband”. Istilah ini dipakai para pencinta manga dan anime saat tertarik pada satu atau lebih pembawaan laki-laki yang menurutnya keren, dan menjadikannya sebagai pacar atau suami 2D di dunia nyata.

5. WAIFU

Serupa bersama dengan arti husbu, waifu juga diserap dari bahasa Inggris yang berarti “istri”. Digunakan oleh para penggemar laki-laki yang senang bersama dengan pembawaan 2D perempuan didalam manga atau anime, dan menyebutnya sebagai pacar atau istrinya.

6. LOLI

Istilah loli atau lolita didalam dunia animanga tertuju pada pembawaan anak kecil yang lucu, atau bisa juga pada perempuan dewasa yang memiliki tubuh mungil. Biasanya, mereka menjadi favorit gara-gara sosoknya menggemaskan. Orang yang menyukai pembawaan loli disebut lolicon.

7. TSUNDERE

Diambil dari gabungan kata “tsun tsun” yang berarti “membuang muka”, “sebal”, dan “dere dere” yang berarti “penuh kasih sayang” atau “sedang jatuh cinta”.

Tsundere bisa disimpulkan sebagai julukan bagi pembawaan yang seolah cuek pada orang yang disukai agar perasaannya tidak terlihat, atau pada pembawaan yang tidak yakin pada perasaannya sendiri bahwa dia menyukai seseorang.

8. KAWAII

Istilah kawaii biasa bersanding bersama dengan loli. Artinya adalah “imut”. Kata ini dijadikan sebagai ungkapan kepada perempuan atau pembawaan 2D yang cantik dan imut, atau bisa juga pada barang atau sesuatu yang muncul menggemaskan.

9. BAKA

Baka adalah tidak benar satu kata yang paling kerap muncul didalam anime. Secara umum, baka memiliki makna yang dipersempit menjadi idiot, bodoh, tolol, dan ungkapan negatif sejenisnya. Dalam penggunaannya, baka bisa menjadi sindiran atau sekadar bercanda, tergantung konteksnya.

10. NERF

Dalam gim, nerf adalah pengurangan kebolehan atau power yang ditunaikan pada objek untuk menstabilkan jalannya permainan. Begitu juga di animanga, arti di-nerf kerap dilontarkan kepada pembawaan yang awalnya OP (sangat kuat) tetapi seakan menjadi lemah.

11. BUFF

Kebalikan dari nerf, buff adalah perubahan yang ditunaikan pada objek untuk tingkatkan kekuatan. Dalam anime sementara ini, contohnya tersedia pada pembawaan Yuno dari “Black Clover”.

Penonton seakan di sajikan perkembangan yang tiba-tiba pada tokoh, terlebih didalam hal kekuatan, meski tidak muncul proses latihannya.

12. SASUGA

Dalam bahasa anime atau bahasa gaul Jepang, arti ini sebagai ungkapan pujian kepada lawan bicara yang memiliki makna “hebat” atau “mengagumkan”.

13. LORD

Lord adalah sebutan untuk seseorang yang membawa wewenang dan efek besar. Dalam bahasa gaul, kerap diucapkan bersama dengan tambahan “ya” di depannya, menjadi frase “Ya Lord” atau “Ya Tuhan”. Dalam anime, lord juga disimpulkan sebagai “dewa”.

14. PLOT ARMOR

Istilah yang dipakai untuk menggambarkan pemberian pada pembawaan yang dianggap mutlak bagi keberlangsungan cerita. Biasanya, plot armor diberikan oleh sang novelis (mangaka) kepada tokoh utama didalam cerita.

Tapi, belakangan arti ini banyak dimaksudkan kepada Reiner Braun dari “Attack on Titan” yang dianggap memiliki plot armor tidak tipis dari mangaka agar dirinya kerap kali selamat dari kematian, meskipun bukan tokoh utama. (Baca Juga: 5 Hal yang Bikin ‘Dash & Lily’ Bukan Serial Komedi Romantis Biasa )

15. HIATUS

Arti hiatus didalam dunia manga mirip bersama dengan makna yang selama ini dikenal, yaitu berarti “vakum”, “penundaan”, “rehat”, atau “berhenti sejenak”. Hiatus pada manga biasa terjadi gara-gara persoalan kesehatan mangaka urusannya atau urusan personal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *